Yayasan Bakti Ibu (YBI) berdiri pada tanggal 16 Mei 1995 di Semarang, dengan Dewan Pendirinya yaitu Bu Diah Rahmawati. Pengurus awalnya adalah Bu Aisyah Dahlan, Bu Mia Inayati, dan Bu Kuntamani.

Latar belakang dibentuknya Yayasan Bakti Ibu adalah memberi wadah amal bagi muslimah untuk memberikan kontribusi kebaikan kepada masyarakat. Lingkup kerja pada awal berdirinya meliputi empat bidang yaitu sosial dan kemanusiaan, pendidikan, keagamaan dan kesehatan. Adapun tujuan berdirinya adalah untuk menyebarluaskan nilai-nilai Islam di masyarakat, sebagai lembaga profesional untuk peningkatan potensi diri, dan untuk mewujudkan kemandirian finansial yayasan.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan Bidang Pendidikan melaju pesat sesuai dengan kebutuhan di masyarakat. YBI bekerja sama dg Yayasan Fastabiqul Khairat menyelenggarakan sekolah yang menawarkan konsep sekolah Islam terpadu yang pertama di kota Semarang. Hal ini diwujudkan dengan pendirian TKIT Harapan Bunda pada tahun 1997 yang disambut antusias oleh masyarakat. Kemudian dilanjutkan pendirian SDIT Harapan Bunda pada tahun 1999. Pada tahun 2005 didirikan SMPIT Harapan Bunda, kemudian KBIT Harapan Bunda tahun 2008, PBIT Harapan Bunda tahun 2015, Rumah Tahfidz Nurul Qur’an tahun 2016, pengembangan TKIT Harapan Bunda 2 dan 3 tahun 2016 dan Pengembangan SMAIT Harapan Bunda di tahun 2019.

Konsep keterpaduan yang dimaksud pada Sekolah Islam Terpadu (SIT) Harapan Bunda adalah mengusung nilai dan pesan Islam sebagai ruh dalam setiap kegiatan sekolah, mengintegrasikan nilai Kauniyah dan Qauliyah dalam bangunan kurikulum, menerapkan dan mengembangkan metode pembelajaran untuk mencapai optimalisasi proses belajar mengajar, mengedepankan qudwah hasanah dalam membentuk karakter peserta didik, menumbuhkan biah sholihah dalam iklim dan lingkungan sekolah, serta menjamin seluruh proses kegiatan sekolah untuk selalu berorientasi pada mutu.

Pada tataran pelaksanaannya di SIT Harapan Bunda melaksanakan pembelajaran Qur’an dengan menggunakan metode Qiraa’ati dan pembelajaran Tahfidz dengan target mutqin (melekat kuat dan benar).

 

Tutup Menu